Musi Banyuasin

Desa Pinggap Salah Satu Diantara 74 Desa Melaksanakan Pilkades Di Muba

144
×

Desa Pinggap Salah Satu Diantara 74 Desa Melaksanakan Pilkades Di Muba

Sebarkan artikel ini

bidikcamera.com, MUBA – Desa Pinggap Kecamatan Batang Hari Leko merupakan salah satu dari peserta 74 desa yang mengikuti pilkades, sebanyak 280 TPS melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara serentak untuk menentukan 74 orang yang akan diangkat sebagai kepala desa periode masa jabatan 2021 s/d 2027, Senin (22/11/21), para pemilih sebelum melalsanakan pencoblosan kotak suara di lakuakan vaksin terlebih dahulu.

Pada pembukaan Pilkades Pj Bupati Muba Beni Hernedi S.IP menyampaikan amanatnya yang di sampaikan oleh kepala dinas PMD Muba H. Richard Chahyadi AP. M.Si yang di wakili oleh kasi Pendapatan , keuangan dan aset desa, Bid desa Riduan SE.M.Si di damping Pj Kades Pinggap Andri Irawan SP. menyampaikan:

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pemilihan kepala desa merupahkan pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa. Dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Pemilihan kepala desa juga salah satu pilar utama untuk terselenggaranya pemerintahan desa yang demokratis yang diselenggarakan setiap enam tahun sekali. Pada tahun ini kita melaksanakan pemilihan kepala desa di era pandemi covid 19, tentunya ada perbedaan dengan pemilihan kepala desa sebelumnya, antara lain dengan di tentukannya jumlah pada TPS sebanyak 500 mata pilih, maka berapa hal yang perlu di ketahui :

Laksanakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara dengan penuh kesadaran bahwa kita wajib menerapkan protokol kesehatan, agar Kabupaten Muba setelah terlaksananya pemilihan ini tetap menjadi zona hijau terhadap covid 19.

Kepada panitia pemilihan dan petugas TPS pahami ketentuan peraturan yang berlaku dan wajib bersikap netral tidak berpihak kepada sala satu calon kepala desa, dengan demikian akan terwujudkan pemilihan kepala desa yang lancar.

Kepada seluruh masyarakat, panitia dan calon kepala desa beserta pendukungnya untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketentraman dan kondisi situasi yang kondusif.

Dan yang terpenting bahwa seluruh calon kepala desa harus berjiwa besar dengan siap untuk terpilh, kalau tidak atau belum terpilih harus berbesar hati, karena semuanya merupakan keputusan masyarakat, terimalah dengan lapang dada dan bagi yang menang agar bersyukur jangan terlalu euforia.

Kepada ketua BPD dan calon pemilihan apabila telah di tetapkan calon kepala desa terpilih, diminta untuk segera menyampaikan ke Bupati untuk ditetapkan dan di lantik sebagai kepala desa periode 2021-2027.

Apabila terjadi sengketa dalam pemilihan kepala desa diselesaikan dengan mempedomani ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku,” jelasnya. (bc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *