Musi Banyuasin

Pemdes Ngulak III Adakan Pelatihan Pengelolaan Lingkungan Hidup Bebas Sampah

176
×

Pemdes Ngulak III Adakan Pelatihan Pengelolaan Lingkungan Hidup Bebas Sampah

Sebarkan artikel ini

bidikcamera.com, MUBA – Pemerintahan Desa Ngulak III Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin adakan Pelatihan Lingkunagan hidup Pengelolaan Limbah Sampah TTG BUMDes pada tanggal (31/08-02/09/21).

Hadir sebagai narasumber yaitu Dinas PMD, Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin, Tenaga ahli dari Bank Sampah Kebumen Gemilang (KGS) Palembang, Tenaga ahli usaha dan keuangan dari Ikatan Pelaku Pemerdayaan Masyarakat Indonesia (IPPM) Palembang.

Pj Kades Ngulak III, Ahmad Yani S.IP mengatakan bahwa sistem pengelolahan lingkungan bebas sampah ini adalah salah satu langkah kita menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat serta mewujudkan penataan lingkungan yang lestari.

“Permasalahan akan selalu ada apabila masyarakat tidak atau belum menyadari akan arti penting pengelolaan sampah di lingkungan sendiri. Pengelolaan sampah tersebut harus dilakukan secara terintegrasi dari hulu ke hilir untuk itu kesadaran masyarakat menciptakan lingkungan bersih dan sehat harus senantiasa ditumbuhkan dimulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah tangga,” ungkap Pj Kades ini.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa pengelolaan sampah bertujuan untuk meminimalisir dampak pencemaran terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaannya dan mengubah menjadi bahan yang tidak berbahaya bagi lingkungan.

Pengelolaan sampah dapat berupa pengomposan sampah organik, memilah dan mengolah sampah anorganik menjadi barang-barang yang mempunyai nilai ekonomi.

”Kita ketahui sebelumnya kabupaten kita ini beberapa tahun terakhir adalah penerima penghargaan Adipura, sudah selayaknya kita terus menjaga lingkungan kita menuju Muba Kabupaten Sehat dan Lestari. Dalam pelatihan ini peserta yang ikut Pengurus bungdes, PKK, Karang taruna, Relawan covid, Bidan desa dan Posyantek sebanyak 25 orang,” jelas Pj Kades. (bc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *